Home » » 100 Tahun Advent Eksis di Tanah Air

100 Tahun Advent Eksis di Tanah Air

Written By Unknown on Selasa, 12 Februari 2013 | 20.24

Pimpinan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Sedunia, Pendeta Ted N. C. Wilson bertemu dengan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta hari ini di ruang VVIP Halim Perdanakusuma, Jakarta (12/02). Kunjungan Pdt Wilson menyatakan apresiasi dan penghargaan gereja kepada Pemerintah Republik Indonesia yang sudah menunjung tinggi nilai-nilai kebebasan beragama, khususnya dalam upaya menciptakan kerukunan antar umat beragama di tanah air.

Wujud dari upaya ini dinilai nyata melalui eksistensi Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) selama 100 tahun di Indonesia yang sudah menjalankan berbagai kegiatan meningkatkan derajat hidup masyarakat Indonesia.
“Misi gereja Advent berfokus kepada berbagai aspek kebebasan dan tanggungjawab manusia,” kata Pdt. Joseph S. Peranginangin, Ketua GMAHK Uni Indonesia Kawasan Barat yang berpusat di Jakarta. “Termasuk didalamnya, hak asasi manusia, toleransi antar umat beragama, bantuan kemanusiaan, pola hidup sehat, pengobatan, reformasi kesehatan, pendidikan dan kehidupan bersmasyarakat.”

Sebagai pimpinan sekaligus rohaniawan gereja, Pdt Wilson kepada Presiden menyampaikan tentang keberadaan umat di Indonesia serta bagaimana meningkatkan perannya dalam mendukung program-program pemerintah.

Gereja Advent adalah denominasi Kristen yang mengelola salah satu jaringan pelayanan kesehatan terbesar di dunia dengan 162 Rumah Sakit dan 361 Klinik Kesehatan, dan 55,000 karyawan medis dan penunjang medis.

Gereja yang sudah berdiri sejak 1863 ini juga adalah denominasi Protestan yang mengelola sistem pendidikan terbesar di dunia dengan 5,590 sekolah dan universitas.
Hingga saat ini sudah berdiri Rumah Sakit Advent Bandung, Rumah Sakit Advent Bandar Lampung, Rumah Sakit Advent Medan dan Rumah Sakit Advent Manado. Insitusi-institusi ini melayani lebih dari 100,000 pasien setiap tahun. 

Untuk pelayanan pendidikan di Tanah Air, terdapat 372 sekolah dan 3 universitas, Universitas Advent Indonesia, Universitas Klabat dan Perguruan Tinggi Advent Surya Nusantara, secara keseluruhan terdapat 40,000 murid dan mahasiswa yang terdaftar dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi.
Hingga saat ini tercatat hampir 500,000 anggota Advent di Indonesia dan 1,547 jemaat.
Umat Advent yang keanggotaannya tersebar di 215 negara ini, dikenal luas dengan misi kemanusiaan. 
Untuk bencana Tsunami di Aceh tahun 2004 silam, Adventist Development and Relief Agency (ADRA), badan kemanusiaan milik gereja, menyalurkan bantuan sebesar Rp 70 Milyar untuk program kemanusiaan dan pengembangan.

Dalam rangkaian kunjungannya ke Indonesia, Pdt Wilson rencananya akan meresmikan Rumah Sakit Advent Manado, di Sulawesi Utara.
Kunjungan terakhir yang pernah dilakukan oleh pucuk pimpinan tertinggi gereja Advent ke Indonesia adalah pada tahun 2004, ketika itu yang menjabat adalah Jan Paulsen.

sumber : Adventist.or.id
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Wisma Jaya Bekasi
Copyright © 2011. Buletin GMAHK Wisma Jaya - All Rights Reserved
Support : DepKomWJ