Home » » Manusia hidup untuk menghadapi masalah

Manusia hidup untuk menghadapi masalah

Written By Unknown on Senin, 15 Juli 2013 | 09.33


Manusia hidup untuk menghadapi masalah

Siapa pun pernah menghadapi masalah, masalah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita, semua mengambil bagian baik tua, muda, kecil, besar. Bahkan terkadang masalah itu datang secara bertubi – tubi, yang sering membuat kita merontah dan menangis. Terkadang ketika masalah itu datang kita tidak siap untuk menghadapinya sehingga kita sering lari ke hal – hal yang negatif, bahkan sampai kepada mengakhiri hidup.

Lalu dari mana masalah itu datang ? jawabnya, itu adalah “SETAN” ya, iblisnya penyebab utamanya atau pun sumber datangnya masalah itu. Dimulai dengan kecemburuannya kepada kuasa Allah, s ehingga dia mengacaukan ciptaannya, dengan segala bujuk rayu, dan tipu muslihatnya membuat kita sering kali jatuh dan menimbulkan masalah dalam hidup kita.
Bagaimana cara kita menghadapi setiap masalah yang datang dalam kehidupan kita, mencoba mengacaukan kehidupan kita ? jawabnya “DOA” – “Iman” – “ Yesus”.

Setan merupakan penyebab utama munculnya masalah, namun disamping atau aspek lain timbulnya masalah dalam kehidupan kita ?
1. Diri sendiri
Kontrol emosi, hawa nafsu yang tidak terkendali terkadang pemicu mulculnya masalah dalam kehidupan kita, emosi dan hawa nafsu yang berlebih terkadang menimbulkan ambisi yang berakibat timbulnya masalah  dalam diri.
Contoh Alkitab : Yunus
Yusus disuruh Tuhan untuk pergi ke kota Niniwe namun, karna hawa nafsu dan kebencian terhadap kota Niniwe yang merupakan pusat dari kerajaan asyur yang kejam , membuat Yunus memutuskan untuk pergi ke kota Tarsis gantinya pergi ke kota Niniwe, dan disinilah timbul masalah akibat Yunus lebih mementingkan hawa nafsunya, kebencian, daripada perintah Tuhan, dan kita tau akhirnya Yunus harus menerima akibat dari perbuatannya.

2. Orang lain
Keirian dan ketidaksangguan sering membuat orang lain benci atau tidak suka dengan kehadiran kita didekat mereka, sehingga mereka sering menimbulkan masalah dalam kehidupan kita.
Contoh Alkitab : Yusuf
Ketika Yusuf berada dirumah Potifar, dia difitna oleh istri Potifar hendak memperkosa dia, namun, hal tersebut dia lakukan karna Yusuf memiliki iman yang teguh terhadap bujuk rayu yang sering dilakukan oleh istri Potifar pada saat itu. Hal tersebutlah yang menimbulkan masalah, sehingga Yusuf harus di penjara. Namun karna keteguhan imannya kepada Yesus akhirnya di berkati Tuhan dan menjadi orang nomor satu di negeri orang.
Apakah Tuhan mengizinkan masalah datang kepada kita ? Ya, Tuhan mengizinkan masalah datang dalam kehidupan kita. Mengapa ? Jawabnya karna Tuhan ingin menaikkan kelas iman kita. Ada beberapa hal tujuan adanya masalah diberikan Tuhan ;
1. Menyadari Kebenaran Allah (Kehadiran Allah)
2. Bersandar kepada Allah
3. Melihat keadaaan diri (Bercermin)
4. Mengakui salah dan mau bertobat.

Sebagai orang Kristen, bila masalah datang kepada kita, jangan kita merasa bahwa itu sebuah beban, atau hal yang membuat kita galau, sehingga kita sering takut bahkan mencoba melakukan segala hal agar masalah tidak timbul dalam kehidupan kita. 
Walau pun terkadang masalah yang datang membuat kita sedih, menangis, dan ingin mengakhiri diri. Tetapi bila kita ingat akan janji Tuhan dan tujuan-Nya mengizinkan masalah itu datang dalam kehidupan itu dapat menaikkan kelas iman kita dalam menghadapi kehidupan sehari – hari, kita tidak takut lagi bilamana masalah itu datang menghampiri kehidupan kita, sebab ada janji Tuhan, bahwa semua akan indah pada waktunya.

Kesimpulan :
Diganggu rasa bersalah, biarlah kita berpegang kepada janji pengampunan Tuhan, Bingung dengan masa depan, biarlah kita percaya akan janji bimbingan-Nya, Kehilangan orang yang kita sayangi, biarlah kita ingat bahwa ada janji pengharapan bersama-Nya. 

Oleh : Bpk Teddy Purba
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Wisma Jaya Bekasi
Copyright © 2011. Buletin GMAHK Wisma Jaya - All Rights Reserved
Support : DepKomWJ